RSS

Senin, 14 Maret 2011

anger management

Hari ini misua gw bilang soal "anger management". Gue bisa dibilang orang yang sangat ekspresif. Muka gw tuh ngga bisa kalem kalau emang lagi happy, lagi bete, lagi kecewa. Pokoknya ekspresif lah.. gampang ketebak.

Konon katanya, wajah juga bisa lebih cepet tua kalau kita marah, cemberut atau suntuk. Sebaliknya, kalau kita happy, kerutan di wajah juga ngga mudah tampil. Gue sih percaya karena gw liat Michelle (baby gw), dia tuh sering banget kalau nangis dan marah, bagian tengah-tengah kedua alisnya mengkerut sambil nangis. Nahh,, disitu gw lihat ada bekas kerutan. oh no, baby gw masih baru 4 bulan udah ada kerutan. Harus gw cari nih resep anger management sebelum michelle mengkerut sebelum waktunya.
Nah, ini ada beberapa tips dari berbagai sumber soal anger management :
1.  Timeout. Walaupun terdengar klise, ngitung dari 1 sampe 10 sebelum mau marah bener-bener bisa ngurangin kadar amarah.
2. Jangan deket-deket. Jangan deket-deket sama orang yang bikin lo marah sampe rasa frustasi lo berkurang sedikit demi sedikit.
3. Kalau udah tenang, baru deh ekpresikan amarah. Mengekspresikan rasa frustasi tidak dengan cara konfrontatif itu sehat lho. Kalau kesel-kesel malah bisa bikin situasi makin ruwet.
4. Olahraga. Aktifitas fisik bisa menyalurkan emosi terutama kalau udah pengen meledak. Jalan, berenang, angkat berat atau basket bisa jadi alternatif.
5. Berpikir hati-hati sebelum mengucapkan sesuatu. Kalau ngga, kita mungkin akan mengatakan sesuatu yang kita sesali. Kalau perlu ditulis dulu yang mau kita omong supaya fokus. Biasanya kan kalau lagi marah, bisa lari kemana-mana tuh permasalahan.
6. Cari solusi. Daripada mikirin apa yang bikin marah mending kerjasama sama orang yang bikin kita marah untuk menyelesaikan permasalahan dengan baik.
7. Gunakan kata "saya" ketika menjelaskan permasalahan. Ini akan menolong kita untuk menghindari dari mengkritik atau menyalahkan seseorang yang dapat membuat orang lain jadi marah dan malah jadi makin tegang. Contohnya, berkata, "aku marah soalnya kamu ngga bantu benerin genteng tadi".
8. Jangan simpen-simpen rasa kesal. Kalau bisa maafin orang lain, itu bisa ngebantu banget. Hal yang mustahil juga ngarepin orang seperti yang kita mau.
9. Gunain humor untuk melepas ketegangan. Ini bisa nolong untuk nurunin ketegangan. Jangan sarkastik karena bisa melukai perasaan dan membuat situasi jadi makin buruk.
10. Relaksasi Kemampuan belajar untuk rileks dan mengurangi stres juga bisa nolong kita kontrol amarah ketika lagi terbakar. Tarik nafas panjang dan bilang ke diri sendiri "Santai..". Share

2 komentar:

Anonim mengatakan...

artikelnya bagus jenk...

Melly mengatakan...

thank you.. ^^

Posting Komentar