RSS

Rabu, 23 Maret 2011

baca itu penting!

Membaca oh membaca.. Rasanya membaca itu adalah hal yang ngga mudah untuk gw lakukan sekarang. Yah hari demi hari, gw merasa sangat minim dalam membaca dan berpikir. Yah..mikirin kapan gw bisa beli sepatu cantik, tas elegan, atau berlian idaman ngga perlu susah payah. Hahaha,,

Tapi mikirin sesuatu yang bersifat ilmiah atau membuat otak bekerja cerdas sudah menjadi sesuatu hal yang sulit buat gw. Parah banget ya.. Sedih sih melihat kondisi gw yang seperti ini. Gara-gara hal ini kan efeknya banyak. termasuk menurunkan kualitas hidup gw.
Padahal sedikit aja membaca sesuatu yang harusnya berkualitas, pasti banyak gunanya. Beberapa diantaranya:
  1. Tambah pinter. Dengan membaca otomatis ada pesan yang disampaikan disana. Coba deh baca buku apa aja,  khususnya buku yang bisa memperkaya pengetahuan kita. Otomatis kita juga jadi tambah pengetahuan kan.
  2. Menambah  kosakata.  Semakin berkualitas bacaan kita semakin kaya juga kosakata yang disuguhkan. Minimal kita pasti nemu padanan kata lainnya yang barang kali lebih elegan.
  3. Terstruktur. Kebiasaan membaca yang teratur tentu akan membuat kita dapat menyampaikan ide secara terstruktur dan mengalir. Ngga lompat sana lompat sini.
  4. Bikin tambah pede. Semakin sering membaca artinya kita sedang memperkaya diri kita sendiri dengan pengetahuan. Pengetahuan itu sendiri memang tergantung dari apa yang kita baca. Misalnya si A bergaul di kalangan new mom yang ASI minded. Nah, kalau A kaya pengetahuan mengenai dunia per-ASI-an, pasti new mom yang lagi butuh info soal per-ASI-an bakal ngejar-ngejar si A. Coba kalau si A ditanyain per-ASI-an tapi sebenernya ngga tau, pasti ngga bakalan pede jawabnya. Intinya kalau tau sesuatu, pasti lebih pede lah daripada ngga tau apa-apa alias "otak yang isinya kosong"
  5. Punya bahan pembicaraan. Kalau abis baca koran, baca majalah, baca blog, baca sesuatu bisa jadi bahan pembicaraan. Setidak-tidaknya untuk membukan pembicaraan. Semakin kaya jenis bacaan dan bervariatif, semakin banyak pengetahuan yang dimiliki, semakin mudah juga bergaul di berbagai kalangan karena kita menguasai topik tersebut.
  6. Meningkatkan kemampuan mengingat. Gw percaya kalau kita ngga menggunakan memori kita, otomatis akan lupa. Nah membaca membantu kita untuk melatih otot-otot memori kita untuk dapat mengingat detail, karakter, dan hal-hal lainnya. Sayangnya gw mencoba sebaliknya. Gw mencoba berhenti membaca yang membawa gw pada ketumpulan otak. Artinya susah banget diajak mikir yang ngga mau gw pikir. Gw maunya mikir yang gw suka aja. Hahaha...
Yah intinya, sebaiknya kita banyak - banyak baca. Gunanya banyakk banget.. ;-) Share

0 komentar:

Posting Komentar