RSS

Kamis, 22 September 2011

Persiapan Untuk Persalinan

Okey, kali ini isinya gw mau nginget-nginget apa aja sih persiapan gw untuk lahirannya Michelle anak gw yang pertama. Waktu itu gw masih mau menjelang kehamilan 7 bulan, gw udah persiapin bawaan yang mau gw bawa ke RS. Alasannya, karena kelahiran itu umumnya di umur kehamilan 9 bulan tapi tidak menutup kemungkinan kelahiran terjadi pada usia kehamilan 7 bulan.

Yah gw kebayang aja nanti misalnya gw udah pas kepengen lahiran, suami tercinta yang emang ngga jago urusin pritilan pritilan bisa ada yang ketinggalan deh yang dibutuhin.
Di rumah gw udah sedia :
  1. 30 botol kaca exUC1000 untuk ASI perah;
  2. Gw minta dibeliin kulkas 2 pintu untuk mendukung program pemberian ASI ekslusif kepada calon buah hati tercinta (ini ga wajib ya, bisa kok dengan kulkas 1 pintu);
  3.  Sterilizer buat sterilin semua perlengkapan makan minum upcoming baby tercinta. Gw pakenya merk Cr*wn soalnya fungsinya jg lumayan banyak bisa buat warmer susu maupun makanan baby juga plus dikasih alat buat peras jeruk. Sebenernya yang ini bisa aja direplace dengan merebus botol, tapi maklumlah gw waktu itu takut ini takut itu, masih kurang banyak paham.
  4. Rencananya gw pake sendok buat kasih ASIP kelak pas gw udah masuk kerja, jadi gw beli sendok yang BPA free. Label BPA free itu penting lho, supaya anak kita ngga keracunan BPA. Untuk tahu BPA free, bisa digoogle aja ya..
  5. Breastpump elektrik merk Med*la, waktu itu sih gw cari review ibu-ibu yang udah pada pernah make breastpump, banyak yang pake merk yang gw beli. Udah BPA free dan elektrik, bisa dicolok, bisa dipake batre juga. Jadi nanti ke kantor rencananya pumping pake itu alat. -> ini bisa lho perah pake tangan, googling "teknik marmet". Kemarin karena udah jago perah pake tangan dan lebih ringkes, ngga pake acara ketinggalan breastpump (BP) maupun repot mensteril, BP nya gw jual lagi deh.
  6. Botol susu dr. Br*wn, gw beli ini waktu itu cari yang BPA free. Botolnya agak beda dan menarik karena ada semacam sedotannya dengan fungsi anti colic, anti burp dan lain-lain. Dulu gw masih belinya yang badan botolnya langsing, sekarang gw pake botol itu tapi bentuknya yang wide-neck, anak gw suka banget karena gw hamil lagi, anak gw sapih, mudah banget pas dikasih ini. Anak gw, michelle emang agak susah dikasih botol maunya nenen jadi perjuangan banget untuk kasih mimik ke dia sehingga gw udah beli berbagai macam botol susu dari tom*ee ti*pee, pige*n tapi michelle maunya mimik dari botol susu dr. br*wn karena nipple paling lembut.
Nah, yang tadi barang-barang yang gw siapin di rumah. Lalu, barang-barang yang gw siapin di koper  supaya tinggal angkut pas mau persalinan adalah keperluan gw yaitu :
  • Baju kancing depan, ini gw bawa 6 buah. Itu udah termasuk baju gw dan baju suami yang gw pinjem. hehehe..
  • Bra untuk menyusui itu gw bawa sekitar 10 buah
  • CD untuk ibu hamil karena perut pasti masih besar juga setelah lahiran sekitar 14 buah, ini gw emang agak boros, takut kurang waktu itu.
  • Sarung gw bawa sekitar 6 buah.
  • Gurita gw bawa 10 buah
  • Selimut karena di RS itu gw ngga ngerasa cukup selimutnya.. duingiiiin banget
  • alat mandi
Selain itu, gw udah taro baju2 baby di box tertutup gitu biar ngga didebuin, semuanya gw cuci tanpa pewangi. oh iya gw bawa :
  1. baju
  2. celana
  3. popok
  4. bedong
  5. Selimut bayi yang ada topinya
  6. topi bayi
  7. sarung tangan
  8. sarung kaki
  9. kapas
  10. minyak telon
  11. bantal dan guling baby
  12. peralatan untuk pusernya (alkohol, plester dsb) -> yang ini gw beli satu paket kecil di RS
  13. sabun bayi (top to toe -> ini gw belinya sengaja jadi bisa buat shampo sekaligus sabun yang ngga perih di mata biar ringkes)
Selama di RS rupanya peralatan michelle ngga kepake karena memang RS menyediakan, tapi karena ACnya dingin dan ngga disediain bantal jadi gw kreatif deh nambahin bedong sama selimutnya supaya michelle hangat dan nyaman. Oh ya, aku pilih RS H*arapan K*ta karena bisa rooming in dan mendukung program IMD walaupun gw ngga sukses karena operasi caesar dan ruangan operasi sangat sangat dingin.

Yah kira-kira gitu lah persiapan gw, semoga aja bermanfaat buat mommies yang lagi persiapan buat persalinan ya..
Share

0 komentar:

Posting Komentar