RSS

Kamis, 13 September 2012

MPASI Pertama Jamie

Kemarin tanggal 12 September 2012, Jamie genap berusia 6 bulan. Lulus ASIX dan siap untuk memperoleh makanan pendamping ASI (MPASI) pertamanya. Pengalaman waktu anak pertama, Michelle gue kasih bubur tepung + ASI ngga begitu doyan. Maka, gue berencana memberikan Jamie buah duluan karena gue anggap rasanya lebih bersahabat (manis) dibanding tepung beras.
Gue baca di http://wholesomebabyfood.momtastic.com/babyfirstfoods.htm rekomendasi makanan pertama bayi adalah alpukat (avocado). Sebenernya gue udah siapin jeruk dan pisang, karena dari kemarin cari alpukat mentega ngga dapet-dapet. Tapi karena gue pengen perfecto sesuai kaidah-kaidah dan literatur yang gue baca, maka gue mengubek-ubek pasar Cisalak dan akhirnya dapet juga tuh alpukat mentega.
Rencananya gue mau menerapkan model Baby Led Weaning (BLW) selama 30 menit. Tapi ngga menutup kemungkinan, gue akan suapin buburnya juga kalau ujung-ujungnya Jamie makan piringnya aja.

Wajah Jamie sebelum dikasih MPASI pertama



 Alat-alat yang harus dipersiapkan adalah: 

  1. Alat makan yang telah disteril (bowl alias mangkuk, piring, sendok, garpu untuk menghaluskan makanan);
  2. ASI yang telah dihangatkan dari kulkas;
  3. Buah-buahan;
  4. Bibs / celemek;
  5. Sapu tangan / tissue untuk lap yang belepotan;
  6. High chair yang mejanya sudah dilap steril bersih (it's not necessary, gue pengen start supaya anak gue makannya ngga pake jalan-jalan).

Nah, alpukat gue kopek pakai sendok agak kecil-kecil kemudian gue letakkan di depan Jamie. Awalnya Jamie ngga peduli lalu mulai lirik-lirik terus dia ambil piringnya. Bukan makanannya lho!! Piringnya.. lalu dipegang, lalu dibalik.. lalu dibalik.. yaaa... makanannya tumpah ruah...
Gue ngakak mengira jangan-jangan anak gue taunya piring itu yang makanan bukan alpukatnya.. Huahahahaha....
 




Tuh kan bener... alpukatnya terbuang, Jamie ngga peduli. Jamie mulai menikmati sajian makanan yang gue buat yaitu PIRING. Gue masih kekeh untuk kasih kesempatan sama Jamie melakukan metode BLW ini. Hampir sama sih responnya seperti anak-anak yang lain.
Emutttt... gigittttt.. emutttt.. gigittt... sambil melirik emaknya yang foto-fotoin aksinya makan piring.


Ga ada ekspresi ngga suka saat Jamie gigitin piring dan sama sekali ngga ngelirik alpukatnya. Masih asik dengan piringnya..


Dasar emaknya ngga sabaran.. Gue ambil deh piringnya. Jamie tetep ngeliat piringya sampai gue taro potongan alpukat itu ke tangannya. Dia ngeliatin aja sambil pegang-pegang tanpa ada inisiatif ngarahin itu makanan ke mulutnya. Heran ya.. padahal kalau benda-benda keras yang bukan makanan selalu dia arahin ke mulutnya. Seolah-olah dia mengenali benda melalui indra pengecapnya.
Tunggu punya tunggu.. Jamie masih juga melihat alpukatnya yang akhirnya lepas dari tangannya. Gue taro lagi ke tangannya, Jamie masih asik mengamati alpukatnya.



Okey, belum sampe 30 menit, alpukat tanpa campuran apa-apa yang udah gue blenyek-blenyek pake garpu gue suapin ke Jamie..



 Awalnya buka mulut, tapi setelah alpukatnya masuk ke mulutnya. Wajah Jamie kecut seperti menunjukan bahwa dia ngga suka rasanya.



Suapan kedua, Jamie masih menunjukan respon yang sama yaitu muka ngga doyan. Tapi gue pikir ini hanya penyesuaian aja karena ini makanan pertama sejak Jamie lahir. lalu alpukat yang udah blenyek itu gue campur dengan ASI supaya dia ngga terlalu eneg dengan rasa diluar ASI alias puree alpukat. Mulai suapan ketiga, Jamie mengeluarkan isi di dalem mulutnya alias ngelepeh. Tuh fotonya paling pojok bawah kanan deket the pooh yang sedang kekenyangan.


Tiba-tiba Jamie mau muntah... Haduhhhh... kasian banget anak gue.. Seketika gue hentikan sesi makan.. takut trauma.. takut nanti Jamie susah makan...



Istirahat dulu.. Time Out.. Tidak ada paksaan.. daripada nanti jadi susah makan. Selain itu, ini kan masih MPASI, lagian Jamie masih baru 6 bulan. Gue belum perlu khawatir Jamie cuma makan sekali sehari dengan hanya dua sendok kuecilll. Salah satu yang kelupaan adalah memasangkan celemek/bibs ke anak saat makan supaya ngga beleber kemana-mana dan mengotori bajunya.




Respon Jamie yang kurang suka dengan alpukat maka langsung gue buat puree pisang + asi. Tinggal ambil pisang, gue kerok tapi biji-biji halus di tengah gue buang karena kalau dikasih katanya bisa bikin bayi sembelit. Kerokan pisang gue taro di wadah lalu gue campur ASI agak banyak. Intinya ASI dengan lauk pisang. Kalau gue kasih Jamie pisang S*npride. Hasil googling gue, memang banyakan disarankan pisang ambon.



Ekspresi Jamie juga masih sama yaitu ngga doyan. Aneh kali ya rasanya.. beda sama susu favoritnya.. tapi dia masih lebih doyan. Mungkin karena gue banyakin ASInya sehingga masih lebih enteng dibandingin gue langsung kasih pisang keroknya ke Jamie.



Puree pisangnya juga ngga abis sih.. Ngga tega gue ngeliat wajahnya yang ngga doyan. Jadi gue hanya kasih sekitar 5 sendok bayi aja.

Selesai deh.. beres-beres bekas makannya dan mandiiiii..

Nah, prinsip 4 days rules juga harus diterapkan. 4 days rules itu adalah aturan agar bayi mengkonsumsi makanan yang sama selama 4 hari supaya ketauan apakah dia alergi terhadap makanan tersebut atau tidak. Jadi selama 4 hari ke depan, gue akan kasih puree pisang + asi.

Oke, sekian dulu ulasan MPASI pertama Jamie.

Dengan cinta,
Mommynya Michelle & Jamie
Share

4 komentar:

Lina mengatakan...

nice posting mom.... nyam nyam yummie banget.. kalo masih di kisaran buah dan sayuran resiko alergi dikit banget setauku...jadi kalopun 2 hari udah ganti menu its ok... kebayang kan bosen kalo 4 hari menu nya sama melulu... hehe

Unknown mengatakan...

wah ceritanya seru yah hampir sama kyk pengalaman aku hihihihi.... Tapi tetep semangat demi anak hehehe

cheestea plate mengatakan...

eh btw jadi kesimpulannya Jamie ,maw makan alpukat gak ya? selama penerarapan 4 days rule? ini hari ke dua baby K mpasi alpukat,sama banget tuh kaya jamie ,jadi penasaran nih

tepung gasol mengatakan...

Saya setuju dengan pendapat bunda, 2 minggu mpasi awal sebaiknya memang hanya diberikan makanan tunggal, sehingga mudah mendeteksi potensi alergi pada baby....

Tetap semangat bunda...

Posting Komentar