RSS

Selasa, 14 Agustus 2012

Keseleo atau Retak?

Minggu pagi kemarin tanggal 12 Agustus 2012, gue berencana mau ke pasar. Belanja keperluan seminggu selama lebaran soalnya gue ngeri ngga ada yang jual bahan makanan yang bisa gue masak selama lebaran karena semua orang meliburkan diri. Suami gue masih tenang di pulau kapuk bersama Jamie. Sementara Michelle udah bangun, gue ajak minum air putih, lepas pampers, lalu menghirup udara pagi. Michelle minta nyalain tivi, nonton cbeebies katanya, jadilah pagi-pagi gue duduk disampingnya, nonton bersama. Sambil nonton, gue pamit sama Michelle untuk pergi ke pasar sebentar.  Susternya gue suruh duduk disampingnya, nemenin Michelle. Seiring gue berjalan mengarah ke pager, gue denger Michelle merengek minta ikut. Ya gue samperin akhirnya tapi dia nangis kenceng, menjerit tangannya kesakitan. "sakit mommy.. sakit.." kata Michelle sambil memberikan tangan kanannya ke gue.
tangan michelle yang digips


Tangisan Michelle ngga berhenti-berhenti, gue pun khawatir Michelle keseleo. Segera gue bangunin daddynya Michelle, nge BBM dan ngetok-ngetok tetangga cari informasi pijit bayi terdekat yang bisa menangani keseleo. Akhirnya dapet lah tukang pijit bayi, gue kesana melihat ada dua sampai tiga bayi lagi ngantri dipijit. Sekalian lah gue bawa Jamie juga supaya dipijit juga.

Jamie girang-girang aja dipijit, tapi Michelle emang udah parno duluan. Dia nangis kejer ngeliat tukang pijitnya. Selama dipijit, nangis kejer sampe ngga tega tapi demi kesembuhannya gue peluk terus, gue nyanyi-nyanyiin biar berkurang stresnya. Tapi tetep aja Michelle nangis.
Kelar dari tukang pijit, kata tukang pijitnya ngga apa-apa, nanti juga berani pakai tangannya sendiri. Sekarang dia masih takut-takut aja, masih kaget, begitu katanya.

Lalu kami pulang dan seharian gue mengamati Michelle rada-rada manja dan rewel tapi masih bisa tertawa. Cuma tangan kanannya ngga mau digunakan bahkan untuk sekedar pegang mainan aja selalu pake tangan kiri. Pas gue pegang tangan kanannya sih dia ngga kejer nangisnya tapi entah kenapa ngga mau pegang beban apa-apa seperti boneka dan mainan lainnya. Karena khawatir gue ngga liat kejadiannya, gue bawa lagi ke pijit tulang referensi tetangga yang pernah patah tulang dan anaknya keseleo. Katanya kalau keseleo langsung sembuh sekali dateng.

Sorenya gue pergi kesana, Bu agung (nama tukang pijitnya) mulai memijit Michelle tapi sayang katanya darahnya sudah menggumpal jadi harus dipecahkan dulu. Kalau sudah pecah darahnya baru dia tau keseleo atau retak. Lalu hasil diagnosanya "retak". Gue kaget bukan kepayang. Haaa??? Retak? Lalu Bu Agung minta gue beli keluar telur 2 buah, minyak tawon, kapas dan kain kasa. Lah gimana ini dalam benak gue, terus anak saya gimana, masa saya tinggal? Kok ngga ada persiapan sih disini kalau sudah sering praktek dan mujarab, namanya dikenal oleh orang-orang daerah situ harusnya sudah menyediakan peralatan tersebut. Akhirnya Michelle pun digips. Di keluarga gue kebenaran belum pernah ngeliat treatment gips jadi gue bener-bener baru tau nih pake acara dikasih putih telor + minyak tawon baru dibebet pake kapas dan kain kasa. Bu Agung berpesan Michelle harus dateng 3 sampai 4 kali lagi. 

Besoknya gips Michelle dilepas sama daddynya karena keyakinan daddynya: This one is not that serious because she still moves her hand. Memang bener sih dia masih bisa gerakin tangannya dan mau melambaikan tangannya tapi entahlah gue masih khawatir.

Gue pun konsul dengan temen gue yang dokter, kalau menurut dia kurang lebihnya begini:

"Tukang pijit biasanya asbun, kalau ngga retak dia bilang patah. Retak ngga bisa diraba dari luar, emang dia punya mata x-raynya suparman? Kalo kata gue mah rontgen aja dulu, tinggal dateng aja langsung ke IGD, ntar dokter IGDnya yang bantu ngarahin. Untung-untungan kalau yang ke tukang pijit ngga makin parah. Kalau gue ketemunya malah dari retak jadi patah gara-gara si "ahli" atau patah yang clean jadi terbuka karena abis diurut, ujung tajam patahan merobek tulang. Ada beberapa yang musti diamputasi gara-gara itu."
"Tulang bisa sembuhnya ngga bener"

Menurut pertimbangan suami gue, ngga lucu kan kalau Michelle keseleo aja pake rontgen, bisa jadi tuh tukang pijit salah diagnosa. Dilema sih, tapi gue masih khawatir karena sampai sekarang Michelle belum bisa aktif menggunakan tangannya. Waktu gue kecil pernah keseleo beberapa kali tapi dibawa ke tukang pijit langsung sembuh dengan satu tarikan mautnya diiringi bunyi "pletek!".

Untuk kebaikan Michelle, sebaiknya gue tau kondisi tangan Michelle sebenarnya benar retak atau hanya keseleo, rencananya gue akan rontgen hari Kamis sekalian bawa dia ke kantor. Maklum pengasuhnya Michelle bakal mudik nanti malem. Mudah-mudahan aja hasil rontgen Michelle ngga mengalami hal yang serius di tangannya.

Share

4 komentar:

Anonim mengatakan...

semoga cepet sembuh Michelle..

Melly mengatakan...

Terimakasih..

Anonim mengatakan...

Thank u Infonya sist,,kebetulan c bungsu kmrn jatoh nih & sama persis ditgn kanan..dia jatoh pas naik kursi plastik trs kursinya mleset,..mau tanya donk sist disertai demam ga & bengkaknya hilang dlm brp hari..?

Unknown mengatakan...

infon yg bermanfaat... trims

http://perbanelastis.blogspot.co.id/p/orthocrepe.html

Posting Komentar