RSS

Senin, 02 Januari 2012

Anak Gue GTM

GTM, ini istilah yang banyak dipake ibu-ibu jaman sekarang kalo bilang anaknya "mogok makan". GTM sendiri singkatan dari "Gerakan Tutup Mulut". Nah lhoo.. gimana tuh kalau anak pada GTM.

Seneng banget deh kalau bisa ngasih makan baby seperti foto di atas. Babynya dikasih makan sambil senyum di atas baby chairnya. Manis banget yaa..
Sayangnya itu tidak terjadi sama Michelle. Gue sering puyeng juga mikirin anak gue Michelle yang suka GTM. Usaha gw dari bikin menu yang ganti-ganti ampe rela-relain anak gue masih makan bubur blender dikala teman-temannya udah jago makan nasi atau dikasih makanan yang udah pake garam dan gula.

Tapi anak gue sekarang udah lebih mendingan soal makan. Setidaknya 10 suap itu bisa masuk ke mulutnya dan ngga pernah dipaksa lagi makan. Sistemnya ngebujuk dengan sabar. Emang lama sih.. ya tapi memang begitu seninya.
Kesalahan yang bikin Michelle trauma sama makan adalah KETIDAKSABARAN.
Mau ngga mau seorang ibu atau pengasuh memang harus sabar. Kan sekarang udah jamannya merdeka, udah ngga jamannya lagi paksa - memaksa sekalipun itu untuk anak bayi yang menurut kita emang ngga berdaya dan cuma bisa nangis kalau kita paksa.
Dari umur 6 bulan pertama kali MPASI, Michelle cukup sering dicekokin supaya mau makan. Sementara dia nangis jejeritan marah menolak makanan yang diberikan. Lebih parahnya lagi, gue menerima laporan saat menjemput, tadi Michelle dipaksa makan, berhasil banyak habis lho.
Nah, pemahaman bahwa makanan yang diberikan habis dalam satu kali sesi dan menjadi kebanggaan berhasil memberi makanan sampai habis dengan cara paksa adalah pemahaman yang salah. Alasannya, kalau ngga makan bisa sakit, kalau nangis ngga bakalan sakit.
Akibatnya, Michelle melihat sesi makan menjadi hal yang menyebalkan. Dia selalu nangis jerit-jerit kalau liat mangkuk atau piringnya muncul ketika jamnya makan. Yah miris juga sih..sampai akhirnya gue berjodoh dengan pengasuh yang bisa sabar ngasih makan anak gue.
Michelle ngga pernah lagi dipaksa makan, dia diajak ngobrol dan nyanyi. 
Sejak ngga pernah dipaksa, lebih ke arah bujuk membujuk, anak gue bisa mangap mulutnya.
Menerima makanan dengan tidak ada perasaan tertekan di wajahnya. Malah terkadang menunjuk-nunjuk makanan untuk minta disuapin. Memang Michelle belum 100% sembuh dari traumanya terhadap sesi makan.
Yah ini pengalaman yang bisa gue share sebagai masukan buat orang tua yang baca supaya jangan pernah maksa anak makan. Jadikan sesi makan itu sebagai sesi yang menyenangkan. Jika anda bekerja, jangan lupa untuk memberi pesan kepada pengasuh agar jangan memberi makan anak dengan cara paksa. Lebih baik sesi makan dibuat jadi lebih banyak saja, sehingga posisi makanan selalu dalam keadaan hangat, enak dan tidak ada paksa memaksa.
Lebih bagus lagi kalau bisa menerapkan agar anak makan di tempat sejak dini, tidak kemana-mana. Sehingga saat dia sudah bisa berlari-lari, kita tidak perlu mengejar anak kesana kemari saat makan.

Good luck, parents!
Share

1 komentar:

frances mengatakan...

Setuju mom, malah nih, ada cerita dari temen yang habis kuliah di ausie, dia bilang kalo budaya di ausie itu ga ada parents yang membanggakan si anak kalo dia mau makan banyak. Yang ada si anak baru di beri pujian kalo makan dengan sopan. Menurut aku, makan itu urusan perut masing-masing, ga terkecuali anak-anak kita. Kita aja yang dewasa kadang g selera makan kok. Percaya aja deh, anak kita tetep sehat walaupun makan sedikit. Yang penting kita tetap perhatikan nutrisinya. Ntar kalo laper, pasti juga makan banyak banyak kok... hehehe

Posting Komentar